Menjemput yang Tertinggal, Mengemaskan yang Tercecer, Mengingatkan yang Terlupa " ELING LAN WASPADA"

Sabtu, 09 Oktober 2010

C A T U R M U K T I

by Budaya Nusantara on Saturday, October 9, 2010 at 12:35am

Yang menciptakan ilmu Catur Mukti adalah Drs.RMP.SOSRO KARTONO. Catur Mukti adalah satunya pikiran , perasaan , perkataan , perbuataan :

PIKIRAN YANG BENAR
PERASAAN YANG BENAR
PERKATAAN YANG BENAR
PERBUATAAN YANG BENAR

Sekilas nampaknya dan kedengarannya sederhana dan mudah dilaksanakan, namun kenyataannya tidak semudah itu." Berkata benar " dengan kalimat lain dapat diartikan ," Jangan Berdusta ". Renungkan dalam sehari saja berapa kali kita berdusta didalam ucapan terlebih didalam batin, kalau diperhatikan dan diawali oleh keinginan, kehendak, itulah yang menyebabkan berfikir dan bertindak lanjutnya adalah berkata terakhir berbuat.

Pikiranlah yang mendorong kita untuk berkata, maupun berbuat, sekarang tergantung kepada pikirannya, kalau pikirannya baik atau benar maka akan mengeluarkan kata yang baik dan benar pasti mendorong melakukan yang terbaik. Tapi jika pikirannya jahat atau tidak benar akan mendorong orang tersebut untuk melakukan kemasyiatan dalam diri sendiri maupun terhadapan orang lain.Karena pikiran yang suka membenci akan melahirkan perbuatan yang bpenuh dengan kebencian.

Hindarilah situasi, kondisi, kata dan perbuatan orang-orang yang dapat membuat kita membenci, karena lebih baik menghindar dari pada mengobati dan kebencian jangan diberi kesempatan untuk merajarela didalam pemikiran kita dan kita harus berusaha dapat menjinakan kebencian tersebut sekecil apapun yang pada akhirnya dapat dihilangkan dalam pemikiran kita.Kalau begitu segala perbuatan yang membenci orang lain jangan pernah diingat-ingat lagi. Karema dengan berjalannya waktu kita akan melupakan itu semuanya, berterimakasihlah kepada TUHAN karena kita dikaruniakan sifat " LUPA", kalau kita tidak diberi sifat lupa, maka kita akan selalu mengingat-ingat selalu akan kebencian itu.rasa benci dan dendam hanya menyebabkan ketegangan dan kegelisahan dalam kehidupan kita.

Jadi marilah kita untuk berpikir yang benar agar pemikiran yang benar selalu mengandung arti :

CINTA KASIH
BELAS KASIAHAN
SIMPATI
TENANG DAN SEIMBANG

Berpikir yang benar dapat membawa manusia mencapai kebahagiaan yang sejati dan ini sungguh bermanfaat untuk kita semua apabila kita mau menjalankannya dengan serius, pikiran yang benar harus diselaraskan dengan perasaan yang benar dan ini harus dijalani dengan ketulusan dan ikhlasan agar perbuatan kita menjadi yang benar.

Jadi Catur Mukti itu merupakan kesatuan, jangan dipisahkan-pisahkan jangan ambil protolannya ambillah kesatuannya dan keseluruhannya. Karena ilmu Catur Mukti bukan untuk dihafalkan tetapi harus dihayati dan diamalkan, berlatih ilmu Catur Mutti tanpa berhenti baru tahu manfaat yang sesungguhnya, sehingga menyatukan dengan jiwa kita dan kita akan menjadi terbiasa untuk, berpikir benar, berperasaan benar, berkata benar, berbuat benar. Dalam situasi dan kondisi apaun reaksi dan aksi kita jadi cepat dan mengambil keputusan dengan tepat dan benar.

Dengan mendalam ilmu Catur Mukti maka kita mendapatkan faedah dan keuntungan yang besar dan kita akan memiliki sifat-sifat dan perilaku yang sopan,rendah hati, tidak sombong,tidak omong besar serta tidak mentang-mentang. jadi kita dapat memiliki karater yang tangguh, yang tidak gampang takut dan susah. Dan selalu berusaha untuk membahagiakan orang lain dan orang banyak didalam tindak sesuai kata dan perbuatan. Berkata, untuk itu kita menggunakan mulut, didalam mulut ada lidah, kendalikanlah lidahmu agar kita tidak bisa dikendalikannya.

Catur Mukti dapat diterjemahkan secara luar (Jasmani) dan secara dalam (Batin) :

Catur Mukti yang luarnya : secara jasmaniah dapat ditulis dapat diuraikan dalam bentuk kata-kata dapat ditulis sehingga dapat dibaca berulang-ulang kali bahkan dapat dihafal serta didisdusikan dan sebagainya.

Catur Mukti bagian dalam : secara batiniah semuanya menjadi sunyi, sepi, penjelasannya : perbuatan tidak melakukan apa-apa, perkataan tidak mengeluarkan kata hanya diam, pikran tidak berfungsi dan kosong.Ketiga-tiganya "DIAM" tanpa aktivitas apa-apa , pasif total. Hanya "RASA" yang berperan aktif, rasa, jiwa, roh yang bekerja dan bekerjaanya rasa, jiwa, roh tidak dapat dilihat oleh panca indera. Rasa, jiwa, roh mengadakan "INNER CONNECTION" dengan TUHAN. Hasilnya adalah : "INNER VISION", "INNER VOICE", "INNER STRENGTH", "INNER POWER", sehingga manusia dapat melihat apa saja dan melakukan apa saja, tetapi semua itu hanya kehendak TUHAN. Sebab manusia tanpa TUHAN tidak bisa akan apa-apa.

Catur Mukti dapat dipelajari oleh siapa saja baik yang muda maupun yang tua, baik para pini sepuh dan yang lainnya, dan sudah barang tentu disesuaikan dengan kematangan jiwanya. Kalau saja para kawula muda mau mempelajarinya, memperdalam, menghayati dan mengamalkannya berarti "MEMAYU AYUNING URIP" dan kelak kemudian hari bila menjadi pemimpin sudah dibekali karater yang dapat diandalkan. Seperti yang dikatakan oleh Drs.RMP.SOSRO KARTONO " PRABOTIPUN WONG LANANG INGGIH PUNIKA, BARES , WANI , MANTEP , NGAWULA DHATENG KAWULANING GUSTI , DEDE TEKAD PAMRIH , NANGING TEKAD ASIH ".

SALAM ... API... PANCASILA... MERDEKA , MERDEKA , MERDEKA !!!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar