Menjemput yang Tertinggal, Mengemaskan yang Tercecer, Mengingatkan yang Terlupa " ELING LAN WASPADA"

Kamis, 23 September 2010

18 SIFAT PIMPINAN MAHAPATIH GAJAH MADA

1.Wijaya : Pemimpin harus mempunyai jiwa tenang,sabar dan bijaksana serta tidak mudah menyerah dalam menghadapi berbagai yg persoalan cukup rumit.

2.Mantriwira : Pemimpin harus berani membela dan menegakkan kebenaran,serta keadilan tanpa terpengaruh oleh tekanan dari pihak manapun.

3.Natangwan : Pemimpin harus mendapat kepercayaan dari masyarakat,serta berusaha menjaga kepercayaan yg di berikan tersebut sebagai tanggung jawab dan ke hormatan.

4.Satya Bahkti Prabhu : Pemimpin harus memiliki loyalitas kepada kepentingan yg lebih tinggi dan bertindak dengan penuh kesetiaan demi nusa dan bangsa.

5.Wagmiwak : Pemimpin mesti mempunyai kemampuan untuk mengutarakan pendapatnya,pandai berbicara dengan tutur kata yang tertib,sopan,serta pengaruh semangat masyarakatnya

6.Wicaksana neng naya : Pemimpin harus pandai berdiplomasi dan pandai mengatur strategi dan siasat.

7.Sarjawa upasama : Pemimpin harus rendah hati,jauh dari sikap ke sombongan yg berlebihan,congkak,mentang - mentang jadi pemimpin dan tidak sok berkuasa.

8.Dirosaha : Pemimpin harus rajin dan tekun bekerja,memusatkan rasa,cipta,karsa dan karyanya untuk mengabdi kepada ke pentingan umum.

9.Tan satresna : Pemimpin tidak boleh pilih kasih terhadap salah satu golongan akan tetapi harus mampu mengatasi segala paham semua golongan,sehingga pada perkembangan bisa mempersatukan seluruh pontensi masa rakatnya guna tercapainya cita - cita bersama.

10.Masihi samasta bhuwana : Pemimpin harus mencintai alam semesta dengan melestarikan lingkungan hidup sebagai karunia Tuhan dan mengelola sumber daya alam dengan sebaik - baiknya,demi kesejetraan rakyatnya.

11.Sih samasta bhuwana : Pemimpin harus di cintai oleh segenap lapisan masyarakat dan sebaliknya pemimpin mencintai rakyatnya.

12.Negara jineng pratijna : Pemimpin harus senantiasa mengutamakan kepentingan negara dari pada kepentingan pribadi atau pun golongan,maupun keluarganya .

13.Dibyacitta : Pemimpin harus lapang dada dan bersedia menerima pendapat orang lain atau bawahannya.

14.Sumantri : Pemimpin harus tegas,jujur,bersih dan berwibawa.

15.Nayaken : Pemimpin harus dapat menguasai musuh -musuhnya,baik yg datang dari dalam maupun dari luar,termasuk juga yg ada di dalam dirinya sendiri berdasarkan hawa napsu.

16.Ambek parama artha : Pemimpin harus pandai menentukan prioritas atau mengutamakan hal-hal yg lebih penting bagi kesejahteraan dan kepentingan umum.Pemimpin harus mempunyai daya tarik dan kekuatan untuk merancang pekerjaan,dalam hal ini membutuhkan pemimpin yang berjiwa muda dengan penuh kepekaan pikiran yg tidak di ragukan lagi.

17.Waspada purwa artha : Pemimpin harus waspada dan mau melakukan mawas diri,untuk terus melakukan pembenahan di segala bidang ke hidupan,Pemimpin harus menjadi dambaan bagi seluruh masyarakatnya,karna di angap selalu siap siaga dalam menghadapi berbagai persoalan yg melanda negerinya.

18.Prasaja pola sahaja : Pemimpin harus hidup sederhana tidak berfoya-foya atau serba gemerlapan dan seorang pemimpin harus mempunyai nilai-nilai moral agar tidak terjebak dengan kemewahan yg berlebihan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar