BERBICARA MENGENAI MASALAH PANDANGAN HIDUP YANG SEMESTINYA PARA PEMBICARA SENDIRI SUDAH LEBIH MENGERTI ATAU PAHAM DARI PADA YANG DIUNGKAPAN DISINI SEBAGAI BERIKUT :
RAHAYU , RAHAYU , RAHAYU !!!
SEBELUMNYA SAYA MOHON MAAF YANG SEBESAR-BESARNYA KEPADA SAUDARA-SAUDARKU SEBANGSA DAN SETANAH AIR INDONESIA DAN DISINI SAYA HANYA INGIN MENAMBAHKAN WAWASAN TENTANG TANGGAP , KESADARAN DAN TOLERANSI , SESUAI DENGAN DASAR NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA ( NKRI ), YAITU P A N C A S I L A B H I N N E K A T U N G G A L I K A DAN UNDANG-UNDANG DASAR 1945. INI SUDAH JELAS SESUAI YANG TERSURAT DIDALAM PANCASILA ISI SILA YANG PERTAMA ADALA KETUHANAN YANG MAHA ESA - YANG TERDIRI DARI 4 BUTIR DAN UUD 1945 YANG TERSURAT DALAM BAB XI , BAB AGAMA PASAL 29 AYAT 1 DAN 2 DAN YANG DISUSUL DENGAN PASAL 30 AYAT 1 DAN 2.
SAYA BERUSAHA MENJELASKAN DARI PASAL DAN AYAT YANG SUDAH DIJELASKAN DIATAS , KITA MULAI DARI PENJELASAN KETUHANAN YANG MAHA ESA DARI BUTIR PERTAMA SAMPAI YANG KEEMPAT SEBAGAI BERIKUT :
1. PERCAYA DAN TAKWA TERHADAP TUHAN YANG MAHA ESA MENURUT AGAMA DAN KEPERCAYAANNYA YANG BERBEDA-BEDA SESUAI DENGAN KEMANUSIAAN YANG ADIL DAN BERADAB.
2. HORMAT MENGHORMATI DAN BEKERJASAMA DIANTARA PEMELUK AGAMA DAN PENGANUT KEPERCAYAAN YANG BERBEDA-BEDA SEHINGGA SELALU TERBINA KERUKUNAN HIDUP.
3. SALING MENGHORMATI KEBEBASAN MENJALANKAN IBADAH MENURUT AGAMANYA MASING-MASING DAN KEPERCAYAANNYA ITU.
4. TIDAK MEMAKSAKAN AGAMA DAN KEPERCAYAANNYA KEPADA ORANG LAIN.
DISINI SUDAH JELAS , APABILA SEMUA RAKYAT INDONESIA SUDAH MAU MENERIMA DAN MEMAHAMI APALAGI MENGAMALKAN AJARAN TERSEBUT TENTANG BUTIR DALAM SILA KETUHANAN SECARA KESELURUHAN DARI BUTIR PERTAMA SAMPAI YANG KEEMPAT , SAYA YAKIN DAN PERCAYA MASYARAKAT BANGSA INDONESIAAKAN BISA HIDUP RUKUN , DAMAI DAN TENTRAM SERTA SENTOSA SECARA SEUTUHNYA BISA BERDAMPINGAN DAN YANG TERSURAT DALAM BUTIR KEDUA YANG BERBUNYI HORMAT MENGHORMATI DAN KERJASAMA DIANTARA PEMELUK AGAMA DAN PENGANUT KEPERCAYAAN YANG BERBEDA-BEDA SEHINGGA TERBINA KERUKUNAN ANTAR UMAT BERAGAMA.
KEMUDIAN BUNYI SILA KETUHANAN BUTIR YANG KEEMPAT , TIDAK MEMAKSAKAN AGAMA DAN KEPERCAYAANNYA KEPADA ORANG LAIN ATAU MENGHASUTNYA. DISINI SUDAH CUKUP JELAS BAHWA SUMBERNYA KERUKUNAN HIDUP BERMASYARAKAT , BERBANGSA DAN BERNEGARA ITU BERSUMBER DARI PENGAMALAN DARI SILA PERTAMA KETUHANAN YANG MAHA ESA.
PENJELASAN DARI BAB XI BAB AGAMA PASAL 29 AYAT 1 DAN 2 YANG BUNYINYA SEBAGI BERIKUT :
1. NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA ( NKRI ) BERDASARKAN ATAS KETUHANAN YANG MAHA ESA.
2. NEGARA MENJAMIN KEMERDEKAAN TIAP-TIAP PENDUDUK UNTUK MEMELUK AGAMANYA MASING-MASING ( BERBEDA-BEDA ) DAN BERIBADAH MENURUT AGAMA DAN KEPERCAYAANNYA ITU.
DEMIKIAN PENJELASANNYA :
KEYAKINAN ATAU KEPERCAYAAN MASYARAKAT BANGSA INDONESIA TERWUJUD DALAM DUA ( 2 ) KELOMPOK KEYAKINAN YAITU LEWAT AJARAN AGAMA DAN AJARAN KEPERCAYAAN TERHADAP TUHAN YANG MAHA ESA. NAMUN DIJAMIN KEMERDEKAANNYA OLEH NEGARA , KARENA AGAMA DAN KEPERCAYAAN ITU SENDIRI BUKAN PEMBERIAN NEGARA ATAU GOLONGAN TERTENTU. KARENA AGAMA DAN KEPERCAYAAN TERHADAP TUHAN YANG MAHA ESA ITU SENDIRI BERSUMBER DARI HATI NURANI YANG SANGAT TERDALAM , DAN TIDAK DAPAT DIPAKSAKAN SEBAB ITU ADALAH SANGAT-SANGAT PRIBADI ANTARA HUBUNGAN PRIBADI KITA KEPADA TUHAN SANG PENCIPTA ALAM SEMESTA JAGAR RAYA.
MAKA , KALAU KITA MAU MENYADARI DENGAN JERNIH DAN SUCI UNTUK MENGHAYATI DAN MENGAMALKAN PANCASILA DAN UUD 1945 DIJADIKAN PANDANGAN HIDUP TOLERANSI BERAGAMA UNTUK BERMASYARAKAT , BERBANGSA DAN BERNEGARA SESUNGGUHNYA KITA AKAN MENCAPAI KEMERDEKAAN YANG SEJATI.
KEMUDIAN DISINI DITAMBAHKAN DENGAN YANG TERSURAT DIDALAM UUD 1945 PASAL 30 AYAT 1 DAN 2 YANG BUNYINYA SEBAGAI BERIKUT :
1. SETIAP WARGA NEGARA BERHAK DAN WAJIB UNTUK IKUT SERTA DIDALAM USAHA PEMBELAAN NEGARA.
2. ADAPUN PEMBELAANNYA DIATUR OLEH UNDANG-UNDANG.
DISINI SUDAH JELAS SEKALI , APABILA MASYARAKAT BANGSA INDONESI MASIH MAU MENGHAYATI DAN MELAKSANAKAN ATAU MENGAMALKAN PANCASILA DAN UUD 1945 SECARA MURNI DAN KONSEKUEN DAN SERTA MELESTARIKAN , MELAKSANAKAN WARISAN-WARISAN LUHUR SEJARAH BUDAYA INDONESIA YANG ADILUHUNG PASTI MASYARAKAT BANGSA INDONESIA MENJADI NEGARA BESAR DAN MAKMUR DINEGARA-NEGARA DUNIA SAAT INI , CONTOH HAL SEPERTI PERNAH DIALAMI ZAMAN KEEMASAN DAN KEJAYAAN KERAJAAN MOJOPAHIT DULUNYA YANG DISEGANI DAN DITAKUTI OLEH KAWAN DAN LAWAN PADA ZAMANNYA. YANG TERKENAL DENGAN " SUMPAH AMUKTI PALAPA " DIIKRARKAN OLEH MAHA PATIH GAJAH MADA. DAN DIERA PERJUANGAN MUNCUL JUGA " SUMPAH PEMUDA " YANG DIKRARKAN OLEH BUNG TOMO KARENA ITU INGATLAH PENINGGALAN PARA LELUHUR KITA MAUPUN PARA PEJUANG YANG RELA BERKORBAN NYAWA , HARTA , BENDA MAUPUN KELUARGANYA YANG HARUS KITA TELADANI , HAYATI DAN DIMAKNAI KARENA PENGORBANAN MEREKA TANPA PAMRIH DEMI TERCAPAINYA CITA-CITA YANG BERDAULAT DAN SEUTUHNYA. SEPERTI YANG PERNAH DIAMANATKAN OLEH PRESIDEN PERTAMA REPUBLIK INDONESI BUNG KARNO " J A S M E R A H " JANGAN PERNAH SEKALI-KALI MENINGGALKAN SEJARAH , SEBAB BANGSA YANG BESAR ADALAH BANGSA YANG MENGHORMATI JASA PARA PEJUANGANNYA.
DEMIKIANLAH WAWASAN PANDANGAN HIDUP DARI RAKYAT JELATA YANG SANGAT PEDULI KERUKUNAN ANTAR UMAT BERAGAMA YANG BERBEDA-BEDA PADAHAL KALAU KITA HAYATI PERBEDAAN ITU IDAH TAPI MARI KITA CARI AKAR KEBERSAMAANNYA DAN MASIH BANYAK HAL SEJARAH BUDAYA NUSANTARA YANG BELUM DAPAT TERUNGKAP , OLEH KARENANYA MARILAH KITA BERGANDENGAN TANGAN DAN BERKERJASAMA SESUAI BUTIR SILA YANG KETIGA PANCASILA YAITU PERSATUAN INDONESIA UNTUK MENGENAL JATI DIRI BANGSA YANG SEUTUHNYA. M E R D E KA , M E R D E K A , M E R D E K A.....
SELAYANGAN PANDANG AMANAH SIKAPUR SIRIH PEPATAH MELAYU :
" KALAU BERNAUNG DIBAWAH POHON YANG RINDANG HENDAK JANGAN LUPA SIAPA PENANAMNYA " ARTINYA LUAS :
KALAUPUN KITA BISA TERTAWA DAN BANGGA SAAT INI JANGAN PERNAH MENINGGALKAN HAL SEJARAH DULUNYA.
" KALAU ADA JARUM YANG PATAH TOLONG JANGAN DISIMPAN DALAM LEMARI "
KALAU ADA KATA YANG SALAH TOLONG DIBUKAKAN PINTU MAAF YANG TULUS , IKHLAS DIDALAM HATI.
SALAM API PANCASILA ..... RAHAYU , RAHAYU , RAHAYU NING JAGAT
Tidak ada komentar:
Posting Komentar